RSS

Melebihi Daya Dukung

11 Aug

Melebihi Daya Dukung Gambar saya ambil sore-sore di perempatan Santikara Jogja.  Saat menunggu lampu hijau menyala, sepeda motor sampai mbleber-mbleber memakai jalur yang seharusnya digunakan bagi yang akan mengambil jalur ke kiri. Jumlah montor sudah melebihi daya dukung prasarana transportasinya.

Bayangkan, kalau misal saja sepersekian dari jumlah siswa yang memasuki jenjang Sekolah Menengah Atas minta dibelikan montor, bisa kita rasakan betapa semakin sumpek Jogja nantinya. Ini belum terhitung kontribusi dari mahasiswa baru yang jumlahnya ribuan tiap tahunnya.

Barangkali montor pribadi memang lebih dapat diandalkan, setidaknya untuk saat ini, lagipula harga premium terjankau juga. Semakin nyaman orang dengan montor pribadinya itu, semakin menipis sense kepedulian sebagai bagian dari sistem publik, wong montor-montor saya. Alhasil, ya lihat saja polah montor-montor di jalan raya itu.

Solusinya? Mass Transport. Sementara ini sudah ada Trans Jogja. Tapi ya itu tadi, karena merasa montor pribadi lebih dapat diandalkan, jadi bus Trans Jogja sering terlihat kosong juga, padahal jalanan macet cet. Tunggu saja nanti sampai saat kota Jogja sudah keletihan, tak lagi punya daya dukung, atau saat harga premium 15000 per liter.

 
Leave a comment

Posted by on August 11, 2009 in Sekitar, Short Post

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: