RSS

Sup Sirip Hiu

29 Sep

Pictures

Pernah makan Sup Sirip Hiu? Saya sendiri belum pernah. Kabar dari yang pernah makan, sup ini sedap. Orang jawa bilang miroso.

Saya terbiasa terbayang wujud hidup dari apa yang saya makan. Lidah sapi misalnya. Pernah makan dan enak memang. Tapi tidak bisa saya nikmati sepenuhnya. Rujak cingur saya belum pernah coba, ndak terbayang bibir saya bertemu dengan bibir sapi. Tengkleng solo? Jangan coba-coba sodorkan tengkleng yang isinya rupa-rupa bagian kepala kambing. Kalau kurang beruntung, maka saya akan dapat mata, cuilan kuping atau tulang rahang yang ada giginya.

Kembali soal Sup Sirip Hiu. Tadi pagi saya bangun kepagian, iseng nyalakan TV, channel berita. Bayangan saya sebelumnya, sirip hiu itu didapat bersama hiu nya, sementara sirip bisa dibikin sup, dagingnya bisa digunakan untuk konsumsi juga. Ternyata tidak! Faktanya sungguh mengerikan. Hiu yang tertangkap dipotong siripnya, lalu hiu dikembalikan lagi ke laut! Tayangan di TV yang kurang dari semenit itu seolah melempar saya ke bumi yang lain, tidak di bumi dengan manusia-manusia yang beradab.

Sharp Fin

Ambil contoh dari kehidupan yang dekat dengan kita, ayam misalnya. Kalau kita suka makan swiwi atau sayap ayam, kita tangkap ayam, potong 2 sayapnya saja, lalu ayam dilepas lagi. Kejam.

Sampai saat ini, saya masih belum bisa merumuskan, kenikmatan apa yang manusia belum dapatkan? Tak cukupkah ragam makanan yang ada sehingga harus melanggar hak hidup makhluk lain?

Gambar: Google

 
1 Comment

Posted by on September 29, 2009 in Perilaku

 

One response to “Sup Sirip Hiu

  1. winda

    October 18, 2009 at 3:13 pm

    Malah baru tau. Kejam bgt… Btw, klo versi ‘perfume’nya makanan : khas filipina, namanya baluut. Sadis!

     

Leave a Reply

 
